Pemkab Bengkulu Selatan Usul DAK Fisik Rp100 Miliar Lebih, Maaf...Sekolah Dasar Kali Ini 'Gigit Jari'

Pemkab Bengkulu Selatan Usul DAK Fisik Rp100 Miliar Lebih, Maaf...Sekolah Dasar Kali Ini 'Gigit Jari'

Ilustrasi perbaikan jalan di Bengkulu Selatan-dok-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan telah mengajukan usulan untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik penugasan tahun 2023 ke pemerintah pusat.

Adapun usulan yang disampaikan mencapai Rp100 miliar lebih dengan 13 bidang atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengelolah DAK.

“Ya, ini baru usulan ke pemerintah pusat. Mudah-mudahan dapat disetujui dan bisa teralisasi untuk anggaran Pemkab BS tahun depan,” ujar Kabag Pembangunan Setkab BS, Fikri Al Jauhari MM.

BACA JUGA:Bupati Minta Dukungan Anggaran ke MPR

Sementara itu, berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kabupaten BS, untuk tahun 2023 nanti, besaran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik penugasan secara rincinya mencapai Rp106,9 miliar.

Kondisi ini artinya, ada peningkatan DAK Fisik Penugasan di BS dibandingkan tahun 2022 ini yang hanya Rp86,6 miliar saja.

Sementara itu, Plt Kepala Bappeda-Litbang BS, Rendra Febrianto, SS, M.Si disampaikan Fungsional Perencana sekaligus Admin Krisna Kabupaten BS, Ii Suhantri, M.Si mengungkapkan, DAK Fisik Penugasan tersebut akan dipecah untuk empat bidang.

BACA JUGA:Anggaran Penanganan Bencana di Bengkulu Diusulkan Rp5 Miliar

Pertama bidang pendidikan sebesar Rp15 miliar dengan rincian perpustakaan Rp10 miliar, TK/PAUD Rp825 juta, SMP Rp4,9 miliar untuk rehabilitasi ruang kelas.

Sedangkan jenjang SD terpaksa “gigit jari” lantaran tidak kebagian dengan alasan tahun sebelumnya sudah menerima DAK Fisik.

Bidang yang kedua lanjutnya, yaitu di bidang Kesehatan dan KB  yang telah disetujui Rp16,5 Miliar dari total usulan Rp45 Miliar atau sekitar 40 persen disetujui.

BACA JUGA:Harga BBM Naik, Pemerintah Kembali Lakukan Refocusing: Anggaran DAU Dipangkas 2 Persen

Ketiga, pembangunan jalan yang di setujui pada tahapan sinkron Rp68,4 Miliar dari total usulan Dinas PUPR BS Rp70,8 Miliar atau hampir 90 persen disetujui.

Terakhir, bidang pertanian sebesar Rp6,2 Miliar yang akan digunakan untuk pembangunan sumber air dan rehabilitasi irigasi serta pembangunan jalan sentra pertanian.

"Alokasi angaran DAK tersebut untuk tahun 2023. Dimana untuk mendapatkan DAK Fisik Penugasan ini telah kami lakukan pengusulan tahun 2022 ini," terangnya.

BACA JUGA:Anggaran Pemeliharaan Jalan Baru Disetujui Rp1 Miliar, Usulan Rp5 Miliar

Ditambahkan Ii, keberhasilan menaikkan angka DAK Fisik Penugasan untuk Kabupaten BS ini tidak terlepas dengan jerih payah Pemkab BS yang dibantu oleh DPRD BS dan DPR RI.

Pihaknya berharap, agar OPD terkait yang mendapatkan DAK tersebut nantinya dapat aktif dengan kementerian masing-masing, terkhusus usulan DAK yang harus selalu dikawal dengan maksimal.

“DAK penugasan ini, orang kementerian yang tentukan. Dana turun tahun 2023 kuncinya hanya di rencana kegiatan dan usulan proposal program," pungkasnya.(one)

Sumber: