PGRI Bengkulu Selatan Gelar Pelatihan Pra Tes PPPK

PGRI Bengkulu Selatan Gelar Pelatihan Pra Tes PPPK

ilustrasi pppk-DOK-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Untuk menyukseskan rangkaian seleksi PPPK guru tahap III, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bengkulu Selatan akan mengadakan pelatihan pra tes PPPK.

Mulai dari arahan kesiapan tes, metode pengerjaan soal, hingga antisipasi penggunaan atribut yang dilarang saat tes berlangsung.

Ketua PGRI BS, Guswarli Efendi, M.Pd mengaku pelatihan pra tes PPPK bertujuan memaksimalkan persiapan dan kesiapan peserta.

Sehingga lulusan PPPK lebih banyak dan bisa mengisi kekurangan guru ASN yang terjadi.

BACA JUGA:Seleksi PPPK Tahap III Resmi Dibuka: Siapkan Berkas! Peserta Lama Tak Harus Daftar Lagi

Tak hanya itu, gelaran pelatihan pra tes PPPK juga menjadi wadah peserta untuk diskusi mengenai teknis dan metode tes nantinya.

“Kami senang bahwa tes PPPK guru kembali dilaksanakan tahun ini. Walaupun PGRI secara khusus belum ada keterlibatan dalam panitia pelaksana tes, tapi kami tetap dukung melalui pelatihan dan pembinaan bagi calon peserta,” ujarnya dikonfirmasi Raselnews Selasa (27/9/2022).

Dijelaskan Guswarli, pelatihan yang dilakukan tidak hanya fokus pada guru honorer saja.

Namun, tenaga kependidikan dan calon guru juga diperbolehkan untuk ikut.

Karena teknisnya memang untuk meningkatkan jumlah lulusan tes PPPK tahap III ini.

“Tahap I dan II lalu jumlah lulusan masih sangat minim. Makanya, kami ingin peserta tes kali ini lebih siap. Mereka harus mampu menyelesaikan soal dengan baik serta mempunyai kesiapan diri yang lebih matang,” bebernya.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Pastikan Gelar Seleksi PPPK

Meski demikian, Guswarli masih enggan menyebut tempat dan jadwal pasti pelatihan yang dimaksud.

Iapun perlu berkoordinasi dengan pimpinan PGRI Provinsi untuk mendesain bagaimana teknis pelatihan yang kompleks.

“Perlu arahan dari pimpinan PGRI Provinsi juga, karena jumlah calon peserta tes tidaklah sedikit. Disamping itu, kamipun masih harus mempertimbangkan anggaran pelatihan ini,” bebernya.

Di sisi lain, Gusrwali meminta agar para calon peserta tes PPPK guru untuk melakukan komunikasi intens bersama PGRI dan peserta lainnya.

Salah satunya dengan membuat grup whatsapp antar anggota. Sehingga, segala bentuk informasi tentang persiapan tes PPPK dapat disalurkan dengan mudah.

“Sekarang kami masih belum tahu siapa saja calon pesertanya. Makanya akan kami kumpulkan dulu, semua ini untuk kepentingan kelulusan para peserta dan kebutuhan guru ASN Bengkulu Selatan,” tukas Guswarli.

BACA JUGA:Seleksi PPPK di Bengkulu Selatan Fokus Honorer, Formasi Umum Bakal Gigit Jari

Diberitakan sebelumnya, Kabupaten BS secara sah telah mendapatkan formasi penerimaan calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru tahun penerimaan 2022.

Total formasi yang didapat sebanyak 240 atau sejumlah sisa formasi yang belum terisi pasca seleksi I dan II tahun 2021 lalu.

Jika tidak ada halangan, pelaksanaan tes bakal digelar tanggal 24 November mendatang berbasis CAT (computer assisted test). (rzn)

Sumber: pgri bengkulu selatan