Ketua DPRD Bengkulu Selatan Bawa Kabar Gembira untuk Tenaga Honorer, Simak Nih!!!

Ketua DPRD Bengkulu Selatan Bawa Kabar Gembira untuk Tenaga Honorer, Simak Nih!!!

Ketua DPRD Bengkulu Selatan, Barli Halim menyerahkan berita acara pengesahan RAPBD 2023 kepada Wabup BS, Selasa (29/11/2022)-sugio aza putra-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Kabar gembira untuk tenaga honorer yang berkerja di lingkungan Pemkab Bengkulu Selatan.

Rencana pemerintah menghapuskan status honorer pada 2023 sepertinya belum akan terealisasi.

Pasalnya anggaran gaji honorer tetap diakomodir atau dianggarkan pada APBD 2023.

BACA JUGA:Formasi PPPK Guru 2022 Banyak Hilang, Honorer Bengkulu Selatan Datangi Dinas Dikbud

Persetujuan RAPBD menjadi Perda APBD BS 2023 disahkan melalui rapat paripurna DPRD Bengkulu Selatan, Selasa (29/11/2022).

“Gaji honorer tetap dianggarkan pada APBD 2023. Besarannya masih sama dengan tahun ini. Soalnya belum ada kepastian dari pemerintah pusat dan belum ada regulasi soal penghapusan honorer,” kata Ketua DPRD Bengkulu Selatan, Barli Halim, SE saat ditemui Raselnews.com usai rapat paripurna.

BACA JUGA:Curang, Guru Honorer Tak Aktif Bisa Daftar PPPK 2022, yang Mengajar Malah Gagal

Belum adanya regulasi terkait penghapusan honorer dan anggaran penggajian yang diakomodir, Barli meminta OPD tidak merumahkan atau memecat para honorer yang ada.

“Tetap berdayakan tenaga honorer untuk membantu pekerjaan di kantor,” ujar Barli.

Sementara itu, dalam draf RAPBD Bengkulu Selatan 2023 yang disahkan menjadi Perda, jumlah pendapatan mencapai Rp950.976.385.772.

Sementara anggaran belanja Rp980.812.553.856. Artinya terjadi defisit anggaran Rp29,836 miliar.

BACA JUGA:Seleksi PPPK 2022: MenPAN-RB Prioritaskan Guru & Nakes, Honorer Sabar Ya....

Sedangkan untuk kebijakan anggaran difokuskan pada enam sektor.

Yakni pengendalian inflasi sesuai amanah Peraturan Menteri Keuangan Nomor 134/134PMK.07/2022, peningkatan pelayanan dasar bidang infrastruktur seperti rehabilitasi fasilitas umum jalan.

Kemudian, jembatan dan irigasi, serta pengembangan pasar, peningkatan pelayanan dasar bidang pendidikan seperti pemenuhan standar pelayanan minimal sesuai Permendagri Nomor 84 tahun 2022 tentang pedoman umum penyusunan APBD, serta peningkatan mutu pendidikan melalui rehabilitasi fasilitas dan gedung pendidikan.

BACA JUGA:Honorer Bengkulu Tuntut Kejelasan

Peningkatan pelayanan dasar bidang kesehatan seperti penanggulangan penyakit pemberantasan DBD peningkatan pelayanan bidang kesehatan sepereti jamkesda dan berobat gratis, urusan pilihan pun juga menjadi perhatian seperti bidang pertanian, perikanan dan pariwisata.

Adapun program yang dilaksanakan diantaranya pembukaan dan peningkatan jalan-jalan sentra produksi, pengadaan bibit pala dan ternak itik, bidang perikanan dengan melakukan rehabilitas tempat pelelangan ikan.

BACA JUGA:Datangi Kantor Gubernur Bengkulu, Guru Honorer: Angkat Kami Jadi PPPK

Sedangkan sektor pariwisata dengan program event rally rakit, arum jeram dan bimbang adat sebagai sektor unggulan wisata daerah. Untuk bidang informatika yaitu pengembangan teknologi informasi dalam upaya menuju pemerintah yang berbasis informasi elektronik.

Setelah APBD BS 2023 disepakati menjadi Perda, Ketua DPRD Bengkulu Selatan meminta Bupati segera memerintahkan pejabat terkait untuk mengirimkan draf ke Pemprov Bengkulu untuk dilakukan verifikasi gubernur.

“Segera ajukan agar APBD dapat diverifikasi,” demikian Barli. (yoh)

Sumber: