Pesona Danau Kawutan Serunting di Bengkulu, Mirip Danau Toba, Eksotis dan Menantang

Pesona Danau Kawutan Serunting di Bengkulu, Mirip Danau Toba, Eksotis dan Menantang

DANAU : Danau Kawutan Serunting di Desa Muara Danau Kecamatan Seginim Bengkulu Selatan yang disebut sebut mirip Danau Toba di Sumatera Utara -sahri senadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Anda pecinta alam sejati yang hobi menjelajah? Rasanya belum lengkap jika anda belum menjelajah Danau Kawutan Serunting.

Danau Kawutan Serunting berada di Desa Muara Danau, Kecamatan Seginim Kabupaten BENGKULU Selatan. Danau Kawutan Serunting ini tercatat sebagai salah satu danau terbesar di Pulau Sumatera. Bahkan ada yang menyebut mirip Danau Toba di Sumatera Utara.

BACA JUGA:Cek Harga BBM Hari Ini 14 Januari 2023 di Bengkulu, 3 Jenis BBM Ini Resmi Turun

BACA JUGA:Simpan 2 Paket Sabu, Mahasiswa Kaur Ditangkap Polisi

Walaupun tidak seluas Danau Toba, Danau Singkarak, Danau Ranau dan Danau luas lainnya di Sumatera, tetapi untuk ukuran di Provinsi Bengkulu Danau Kawutan Serunting ini boleh dibilang yang paling luas.

Luas keseluruhan Danau Kawutan Serunting mencapai 40 hektar, dan dikelilingi vegatasi hutan tropis dan perkebunan masyarakat.

Danau Kawutan Serunting sangat cocok untuk tempat wisata dayung, rakit, memancing dan berkemah.

Saat pagi hari, suasana pedesaan terasa sangat asri di sekitar danau Kawutan Serunting. Embun tipis menyerupai asap menyebar di atas bukit yang ditumbuhi pepohonan di sekeliling danau.

BACA JUGA: Hei...Warga Kaur yang Tak Mau Berikan Lahan Pembangunan SUTT, Camkan Pernyataan Tegas Sekda IniBACA JUGA:Pengisian Jabatan Kosong, Prioritaskan SDM yang Ada

Matahari yang muncul dari balik bukit sebelah timur menambah indahnya suasana di sekitar Danau Kawutan Serunting.

Suara hewan liar juga menambah kesan eksotis Danau kawutan Serunting.

Selain menawarkan keindahan, danau ini juga menyimpan kekayaan flora dan fauna. Di sekitar Danau Kawutan Serunting begitu banyak tumbuhan liar yang menawarkan bunga indah.

Begitu juga kondisi di tengah danau, tumbuhan teratai selalu menawarkan keindahan bunga setiap waktu.

BACA JUGA:Partai Gelora Bengkulu Selatan Siap Hadapi Pemilu 2024, Pengurus yang Mundur 6 Orang Sudah DigantiBACA JUGA:Penusukan Mantan Pejabat Bengkulu Selatan Diduga Bermotif Asmara, Nih Kronologinya

Sehingga sangat menarik untuk dijadikan latar berfoto ria.

Datang ke lokasi Danau kawutan Serunting dan menggelar tenda untuk bermalam bersama teman teman tentu akan memberikan pengalaman tersendiri.

Walaupun tidak semenarik ketika berkunjung ke Danau Toba, namun pengalaman yang didapat tentu akan berbeda dan memiliki kesan sendiri.

Sedangkan faunanya, di dalam Danau Kawautan Serunting memilki beragam jenis ikan air tawar.

Mulai dari ikan haruan atau gabus, hampala, betok, ikan wader atau dalam bahasa serawai di sebut sepedak, ikan sepat siam, ikan lele, sidat dan berbagai jenis ikan air tawar lainnya.

BACA JUGA:Polda Pasang Kamera Etle di Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung

BACA JUGA:Wow...Mobil Fortuner Bekas Ini Cuma Dibanderol Rp132 Juta, Pas ke Belakang Bikin Kecewa

Selain ikan, danau ini juga menjadi habitat populasi udang. Beragam udang hidup di danau ini, mulai dari udang gala, lobster air tawar hingga udang kecil atau udang kerenying.

Sehingga Danau Kawutan Serunting ini sangat cocok bagi para pemancing yang ingin menikmati sensasi memancing di alam liar.

Danau Kawutan Serunting berjarak sekitar 40 kilo meter dari Kota Manna Ibu Kota Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu.
Dari Kota Manna dibutuhkan waktu berkendara sekitar 1 jam perjalanan.

Melewati wilayah Kecamatan Seginim dan Kecamatan Air Nipis. Setelah Sampai di Desa Muara Danau, perlu berjalan kaki sekitar 1 kilometer untuk mencapai tepian danau.

BACA JUGA:11 Bunga Rafflesia Mekar Sempura di Bengkulu, Warga Desa Kayu Ajaran Ketiban Rejeki

BACA JUGA:Kabar Gembira!! Tahun Ini Lulusan SMA Berpeluang Ikut CPNS, Nih Daftar Gajinya

“Danau Kawutan Serunting sangat cocok untuk tempat wisata dayung, rakit, memancing dan berkemah,” kata Kepala Desa Muara Danau, Yurman kepada Raselnews.com.

Dikatakan kades, jika dikelola dengan baik, maka Danau Kawutan Serunting diyakini mampu menjadi objek wisata alam terkenal di Kabupaten Bengkulu Selatan. Tidak menutup kemungkinan danau ini juga bisa dimanfaatkan masyarakat seperti Danau Toba.

Sejauh ini, belum terlalu banyak wisatawan berkunjung ke danau itu. Hanya beberapa saja yang datang untuk berkemah dan memancing.

Selain belum banyak yang mengetahui, pengelolaannya juga belum maksimal. Sehingga belum begitu menarik untuk dipromosikan.

“Danau Kawutan Serunting ini adalah potensi wisata yang bisa dikembangkan, tapi kalau mau dibangun melalui dana desa, anggarannya tidak mampu,” kata kades.

BACA JUGA:Ini 3 Penyebab Pendaftaran Panwaslu Desa Pemilu 2024 Diperpanjang, Perempuan Salah Satunya

BACA JUGA:Cara Mengupload Gambar Produk untuk Jual Barang Online di Blibli

Sejauh ini Danau Kawutan Serunting hanya dimanfaatkan airnya saja oleh masyarakat. bukan seperti Danau Toba dan danau danau lainnya di Indonesia yang sudah multi fungsi.

Air yang mengalir dari danau itu difungsikan untuk mengairi lahan persawahan masyarakat yang luasnya mencapai 40 hektar.

Masyarakat juga belum memanfaatkan danau itu untuk tempat budidaya ikan seperti kerambah jaring apung.

Sumber: kepala desa muara danau