Irigasi Jebol, Sawah Petani di Seluma Alih Fungsi

Irigasi Jebol, Sawah Petani di Seluma Alih Fungsi

JEBOL : Jaringan Irigasi Bendungan Seluma jebol. Akibatnya puluhan hektar sawah dan kolam ikan kekeringan-Ahmad Fauzan-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM -  Petani padi di Desa Tanjung Seru Kecamatan Seluma Selatan terpaksa mengalihfungsikan lahan sawh mereka menjadi lahan sayuran.

Kondisi ini lantaran pasokan air menuju hamparan sawah petani jebol. Sehingga lahan sawah kekeringan dan tidak mungkin untuk menanam padi.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: DPO Curanmor Polres Kaur Asal Sumsel Berhasil Dibekuk Warga, Mantab!!!

BACA JUGA:2 Pemuda Ini Mencuri 3 Karung Alpukat Lalu Berjualan di Pasar, Ketangkap Deh...

Saluran irigasi itu jebol sejak setahun lalu dan belum diperbaiki pemerintah. Untuk melakukan perbaikan secara mandiri, petani tidak mampu. Karena anggaran yang dibutuhkan tidak sedikit.

Ketua Kelompok Tani Bakal Agung, Astari mengatakan, ada puluhan hektar sawah yang kesulitan mendapat pasokan air sejak saluran irigasi jebol.

BACA JUGA:YES!! Honor KPPS Pemilu 2024 Naik 100 Persen Lebih, PPK dan PPS Jauh...

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Anak Aktivis Penolak Tambang Pasir Besi di Seluma Tewas Ditusuk

Sebagian petani memanfaatkan lahan mereka menanam jagung, cabe, kacang dan melon. Karena tanaman tersebut tidak begitu membutuhkan banyak  air.

"Sebelumnya pernah saya perbaiki saluran irigasi mengunakan dana pribadi. Namun  tidak berselang lama saluran tersebut kembali rusak," tegas Astari.

BACA JUGA:Kementerian PUPR Hibahkan Tanah ke Pemprov Bengkulu, Tapi Ada Syaratnya

BACA JUGA:Pertamina Sumbagsel Pastikan Pasokan BBM di Wilayah Banjir Aman, 5 Kabupaten di Bengkulu Longsor

Dia mengaku sudah menyampaikan kerusakan saluran irigasi ini ke Dinas Pertanian Seluma. Bahkan  proposal sudah beberapa kali dimasukan, namun sampai saat ini saluran irigasi tersebut masih belum juga diperbaiki. (rwf)

Sumber: ketua kelompok tani bakal agung