Budidaya Sidat dan Patin, Dinas Perikanan Bengkulu Selatan Siapkan Anggaran Ratusan Juta

Budidaya Sidat dan Patin, Dinas Perikanan Bengkulu Selatan Siapkan Anggaran Ratusan Juta

Ilustrasi ikan sidat-istimewa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Pemkab Bengkulu Selatan benar-benar serius ingin mengembangkan budidaya perikanan air tawar. Khususnya sidat dan patin.

Dinas Perikanan Bengkulu Selatan kembali menganggarkan dana ratusan juta untuk kegiatan percontohan budidaya ikan sidat dan patin tahun ini.

BACA JUGA:Ribuan Benih Ikan Sidat Disalurkan ke Pokdakan

Kepala Dinas Perikanan Bengkulu Selatan, Santono M.Pd melalui Kabid Perikanan Budidaya Nopi Supriadi, S.Pi mengatakan, tahun ini pihaknya telah menganggarkan dana dari APBD murni untuk kegiatan percontohan budidaya ikan sidat dan patin sebesar Rp180 juta.

BACA JUGA:Masyarakat Dilarang Tangkap Sidat di 6 Titik Ini

Dana tersebut akan digunakan untuk pembelian bibit dan pakan ikan. Selain itu, dari dana tersebut juga untuk pelaksanaan kegiatan.

Nopi menerangkan, untuk pelaksanaan masih belum pasti kapan dimulai. Sebab, pihaknya masih memverifikasi kelompok yang akan menerima bantuan bibit tersebut.

BACA JUGA:Budidaya Sidat di Bengkulu Selatan Baru Sebatas Percontohan

Kemudian, melakukan Penunjukan Langsung (PL) pihak rekanan penyedia bibit serta menunggu Surat Keputusan (SK) dari Bupati Bengkulu Selatan.

“Setelah bupati mengeluarkan SK, barulah tahapan bisa kami mulai," terang Nopi.

BACA JUGA:Belum Menyerah, Kembali Upayakan Budidaya Patin

Sebelumnya sambung Nopi, untuk menyukseskan program budidaya sidat dan patin pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Dinas Perikanan Kota Pagaralam dan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu (UNIB).

Sehingga kecil kemungkinan program budidaya tersebut gagal.

BACA JUGA:Gusnan Janji Carikan Solusi Pemasaran Ikan Patin

Sumber: