Warga Kedurang Tersenyum, Jalan Palak Siring - Matai Segera Terwujud, Jarak Tempuh Dipangkas 6 KM

Warga Kedurang Tersenyum, Jalan Palak Siring - Matai Segera Terwujud, Jarak Tempuh Dipangkas 6 KM

Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menghadiri kegiatan mutual check pembangunan jalan Palak Siring-Matai, Senin (24/7)-rezan-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Warga Kecamatan Kedurang, BENGKULU Selatan (BS) tersenyum.

Mimpi masyarakat adanya jalan penghubung Desa Palak Siring-Matai Kecamatan Kedurang tak lama lagi akan terwujud.

Hal itu setelah Mutual Check (MC) 0 persen di Desa Palak Siring oleh Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional Wilayah Bengkulu serta Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Bengkulu dilaksanakan, Senin (24/7) sore.

BACA JUGA:Usai Dikunjungi Jokowi, Bupati Seluma Potong Ayam Jago, Pembangunan Jalan Dimulai

MC 0 persen sendiri merupakan kegiatan penghitungan kembali volume item pekerjaan yang disesuaikan antara gambar rencana dengan kondisi lapangan.

Adapun kegiatan tersebut yaitu peningkatan badan jalan menjadi jalan hotmix sepanjang 17,5 kilometer (Km) dan satu pembangunan jembatan yang menelan anggaran sebesar Rp 44 Miliar bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2023 dan dikerjakan oleh pihak Kontraktor PT  Belibis Raya Group (BRG) selama 167 hari kalender.

Perwakilan Satker BPJN Wilayah 2 Bengkulu, Aldiansyah ST MT menjelaskan, pembangunan Jalan Palak Siring-Matai dibangun atas Instruksi Presiden (Inpres) yang merupakan program baru di tahun 2023.

BACA JUGA:Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Serahkan Beasiswa Kepada Ketua OSIS, Ingat! Jalankan Kewajiban

Ada dua kabupaten penerima Program Inpres. Yaitu pembangunan jalan Palak Siring-Matai di Kabupaten Bengkulu Selatan dan jalan Desa Tenangan-Desa Rawa Sari Kecamatan Seluma Timur, Seluma.

“Setelah selesai kegiatan jalan Inpres ini nantinya akan diserahkan ke Pemerintahan Daerah Bengkulu Selatan. Semoga proyek ini nantinya berjalan dengan tepat waktu dan tepat mutu,” ujar Aldiansyah dihadapan Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, Ketua TP PKK BS, Nurmalena Gusnan, Anggota DPRD BS, Siptin Gunawan SSos, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Darah (FKPD), Camat Kedurang, Camat Kedurang Ilir, Camat Bunga Mas, tokoh masyarakat serta ratusan masyarakat di tiga kecamatan yang terdampak pembangunan tersebut.

BACA JUGA:Jokowi ke Bengkulu, Jalan Desa Tenangan dan Rawa Sari Seluma Dibangun, Selamat Tinggal Jalan Buruk

Sementara itu, Gusnan menyebut perjuangan Pemkab Bengkulu Selatan dalam memperjuangkan pembangunan Jalan Palak Siring-Matai yang merupakan mimpi besar masyarakat telah melalui proses yang panjang.

Sebab, pembangunan jalan tersebut nantinya bukan hanya menjadi penunjang ekonomi masyarakat. Namun dapat menjadi akses jalan alternatif tercepat bagi masyarakat di wilayah Kedurang dan menjadi jalur dan wilayah evakuasi bencana tertentu.

“Singkat cerita kami dan Pak Anggota DPRD, Siptin Gunawan menemui Wakil Ketua MPR RI Pak Yandri Susanto untuk dibantu dalam pembangunan Jalak Palak Siring-Matai, dan pembangunan tersebut diusulkan melalui Program Inpres,” ungkap Gusnan.

Sumber: