Bukan Hanya Bahan Dasar, Ini Perbedaan Minyak Sayur dan Minyak Goreng yang Belum Anda Ketahui

Bukan Hanya Bahan Dasar, Ini Perbedaan Minyak Sayur dan Minyak Goreng yang Belum Anda Ketahui

Perbedaan Minyak Sayur dan Minyak Goreng yang Belum Anda Ketahui-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Minyak adalah kebutuhan harian yang sangat penting, terutama dalam proses memasak bagi para ibu rumah tangga.

Namun, ternyata terdapat berbagai macam jenis Minyak, dan perbedaan antara Minyak goreng dan Minyak sayur seringkali menjadi pertanyaan utama.

Perlu diketahui, perbedaan antara Minyak sayur dan Minyak goreng terletak pada komposisi dan bahan dasar yang digunakan.

BACA JUGA:Bukan Cuma Meredakan Masuk Angin, Minyak Kayu Putih Bisa Membuat Rumah Jadi Kinclong, Begini Caranya

Minyak sayur dihasilkan dari berbagai jenis tumbuhan seperti daun, biji-bijian, dan buah-buahan, sehingga sering disebut sebagai minyak nabati.

Sementara minyak goreng umumnya berasal dari kelapa sawit yang juga termasuk ke dalam tumbuhan.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa minyak goreng sebenarnya tidak jauh berbeda dengan minyak sayur.

Hanya saja minyak goreng sering kali mengandung campuran lemak nabati dan hewani atau lemak sintetis. Kandungan ini memberikan rasa yang lebih khas dan gurih pada makanan yang diolah dengan minyak goreng.

BACA JUGA:Hindari Penjepit! Cukup Gunakan 2 Minyak Ini, Bulu Mata Jadi Cantik dan Lentik

Berikut jenis-jenis minyak dan kelebihannya:

1. Minyak Goreng

Dihasilkan dari kelapa sawit dan merupakan minyak yang populer digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Minyak ini tahan terhadap suhu tinggi, cocok untuk menggoreng berbagai jenis makanan, mulai dari ikan hingga makanan yang digoreng.

2. Minyak Jagung

Merupakan minyak nabati yang terbuat dari biji jagung. Sama seperti minyak goreng, dapat digunakan untuk menggoreng dan memberikan tekstur renyah pada makanan yang digoreng.

BACA JUGA:Tak Buat Kantong Bolong! Berikut 5 Rekomendasi Masker Wajah Kulit Berminyak

Kandungan fitosterol di dalamnya membantu tubuh memblokir penyerapan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, serta mengandung senyawa antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas.

3. Minyak Wijen

Terbuat dari ekstrak biji wijen dan kaya akan lemak tak jenuh. Selain digunakan untuk memasak, minyak wijen juga memiliki manfaat lain seperti melindungi kulit dari sinar UV, menyehatkan rambut, dan mengandung asam lemak omega-3, omega-6, dan omega-9 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

4. Minyak Zaitun

BACA JUGA:Minyak Amla, Rahasia Rambut Sehat dan Lebat dan Atasi Kebotakan pada Rambut

Minyak ini dianggap salah satu minyak paling sehat di antara jenis minyak lainnya. Memiliki banyak nutrisi yang dapat membunuh bakteri berbahaya, juga berguna untuk perawatan tubuh seperti melembapkan kulit, mengatasi bibir pecah-pecah, dan mengurangi bintik hitam.

5. Minyak Kelapa

Merupakan minyak murni dari kelapa tanpa tambahan bahan kimia. Dapat digunakan sebagai alternatif minyak goreng, menghasilkan makanan dengan kandungan lemak yang lebih rendah dan memiliki rasa yang khas.

Sumber: