15 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

15 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

Manfaat minum kopi hitam tanpa gula-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Kopi tanpa gula? Mungkin pada umumnya hal ini tidaklah biasa. Mayoritas penikmat kopi hitam pastinya menambahkan gula dengan takaran tertentu, tergantung selera masing-masing.

Namun tahukah anda, kopi hitam tanpa pemanis ternyata baik untuk kesehatan. Setiap tetesnya bermanfaat pada tubuh.

Meski pahit, namun bagi pencinta kopi sejati, kopi tanpa gula memiliki kenikmatan sendiri. Apalagi, kopi sudah terkenal menjadi penambah energi dan bisa melawan rasa kantuk.

BACA JUGA:Menarik, Lunasi Pajak Kendaraan, Dapat Kopi Gratis di Rumah Makan Berkelas

Tetapi jauh dari itu, setiap tetes kopi tanpa gula sangat bermanfaat bagi kesehatan.Apa saja manfaatnya?

Perlu diketahui, kopi merupakan minuman yang terbuat dari biji kopi yang sudah dihaluskan. Sudah berabad-abad sebelumnya, kopi sudah menjadi minuman favorit di kalangan masyarakat.

Dibalik rasa pahitnya, kopi mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebab kopi mengandung berbagai mineral seperti magnesium, folat, natrium, dan kalium.

Bukan hanya itu, kopi memiliki antioksidan riboflavin. Berikut manfaat kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan. 

1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Kebiasaan minum kopi tanpa gula secara teratur terbukti dapat mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer.

BACA JUGA:Wajib Tahu, 7 Dampak Negatif Minum Kopi Malam Hari

Orang dewasa paruh baya yang mengonsumsi tiga hingga empat cangkir kopi setiap hari memiliki risiko 65 persen lebih rendah untuk mengalami demensia di usia lanjut.

2. Mencegah Penyakit Parkinson

Kopi tanpa gula juga memberikan perlindungan terhadap penyakit Parkinson. Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur dapat menurunkan risiko terkena penyakit tersebut serta meningkatkan gerakan motorik pada penderita Parkinson.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Kopi hitam tidak hanya untuk mengusir kantuk di pagi hari, tetapi juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat.

Minum kopi tanpa gula secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit demensia, Parkinson, dan Alzheimer. Riset menunjukkan bahwa minum kopi di pagi hari dapat meningkatkan fungsi otak serta mempertahankan daya ingat.

BACA JUGA:Kenali Waktu yang Baik Menikmati Kopi

4. Menurunkan Berat Badan

Kafein dalam kopi memiliki sifat termogenik yang dapat menyebabkan penurunan berat badan. Bahkan, minum kopi sekitar 30 menit hingga empat jam sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan, membantu secara tidak langsung dalam penurunan berat badan.

5. Meningkatkan Performa Olahraga

Kopi hitam tanpa gula adalah kunci untuk meningkatkan performa fisik. Dengan meningkatkan kadar adrenalin dalam darah, kopi tanpa gula mempersiapkan tubuh untuk aktivitas fisik yang intens.

Sumber: