Dikira Punya Cina, 7 Merek Motor Ini Ternyata Produk Asli Indonesia, Nomor 6 Bikin Heboh

Dikira Punya Cina, 7 Merek Motor Ini Ternyata Produk Asli Indonesia, Nomor 6 Bikin Heboh

Motor produk Indonesia-istimewa-youtube mr frestea

RASELNEWS.COM - Penjualan motor di Indonesia didominasi oleh pabrikan asal Jepang. Namun siapa sangka, banyak yang tidak menyadari bahwa Indonesia memiliki beberapa merek motor lokal dengan berbagai model dan aliran, yang mungkin dikira produk Cina.

Meskipun beberapa merek ini belum begitu terkenal seperti Honda atau Yamaha, namun mereka berupaya untuk tampil dengan sumber daya dan modal yang lebih kecil.

Berikut beberapa merek motor asli Indonesia yang mungkin belum diketahui banyak orang dan salah satunya diantaranya sempat membuat heboh.

BACA JUGA: Yamaha Luncurkan Skutik Neo Retro Keren, Unik Dibanding Fazzio dan Filano, Sekali Full Tank Tempuh 100 KM

1. Viar

Merek ini menjadi yang paling terkenal di antara merek motor lokal lainnya. Berdiri sejak tahun 2000, Viar memiliki dua pabrik di Semarang dengan kapasitas produksi 25.000 unit per bulan.

Produk populer Viar meliputi motor trail Cross X Series dan motor listrik seperti Viar Q1 VR.

2. GasGas

Meskipun namanya mirip dengan merek Spanyol yang ikut dalam MotoGP, GasGas asli Indonesia. Berdiri sejak tahun 2004 di Surabaya, mereka fokus pada motor trail, offroad, dan Enduro.

BACA JUGA:Suzuki Rilis Skutik Sporty Seharga Motor Bekas, Mesin 125 CC, Rangka Dijamin Anti Karat dan Keropos

3. Happy

Awalnya sering dianggap sebagai merek Cina, Happy sebenarnya berasal dari Indonesia. Berdiri sejak tahun 1999, mereka memiliki pabrik perakitan di Malang dan telah berkembang menjadi produsen motor roda tiga dengan variasi produk, termasuk motor retro HP classic cs200.

4. Soib

Merek asli Indonesia di bawah naungan importir hobi motor, Soib mengadopsi teknologi dari Perancis. Meskipun tidak terlalu terkenal, mereka memiliki beberapa produk motor, termasuk Adventure 135 km/jam.

BACA JUGA:Dihantam Skutik, Motor Honda Seharga Rp 21 Juta Ini Tenggelam, Sulit Ditemukan di Dealer, Padahal Tangguh

5. Kaisar

Pernah ramai dengan motor andalannya, Kaisar Ruby v250, Kaisar adalah merek lokal yang memiliki pabrik di daerah Citeureup, Bogor. Mereka dikenal dengan motor-motor berkualitas seperti Kaisar vertex dan motor-motor trail.

6. Esemka

Mungkin lebih dikenal lewat produk mobilnya, Esemka juga mencoba menghadirkan sepeda motor melalui proyek Esemka, yang sempat heboh. Sampai-sampai proyek ini kurang berhasil, dan motor Esemka hanya diproduksi dalam jumlah terbatas.

BACA JUGA:Keeway Gemma 125, Skutik Murah ala Eropa Resmi Rilis, Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio Mulai Gusar

7. Gesit

Sumber: