Setelah Suzuki GSX R1000, Giliran Super Bike Yamaha R1 Disuntik Mati, Ini Penyebabnya

Setelah Suzuki  GSX R1000, Giliran Super Bike Yamaha R1 Disuntik Mati, Ini Penyebabnya

Yamaha R1 disuntik mati-istimewa-youtube moto z

RASELNEWS.COM - Kabar mengejutkan sekaligus menyedihkan datang dari Yamaha. Motor superbike yakni Yamaha R1 dalam waktu dekat akan segera disuntik mati.

Artinya motor ini akan dihentikan produksinya. Lantas apa penyebabnya? Perlu diketahui, sebelum Yamaha berencana menghentikan produksi motor ini, Suzuki sudah terlebih dulu mengakhiri penjualan superbike mereka, GSX R1000.

Nah sekarang giliran Yamaha yang ikut mengikuti jejak dengan menutup usia legenda mereka, R1.

BACA JUGA:3 Motor Ini Berbahan Bakar Solar, Per Liter Tempuh 100 KM, Nomor 3 Buatan Indonesia

Kabar ini berasal dari Visertwon di Inggris yang menyatakan bahwa Yamaha di Inggris tidak akan lagi menyertakan R1 dan R1M dalam jajaran model motor Yamaha tahun 2025.

Hal ini mengindikasikan bahwa mereka akan secara bertahap menghentikan produksi R1. Keputusan ini diambil karena Yamaha memilih untuk fokus pada strategi bisnis dan produk jangka menengah lainnya yang dianggap lebih memberikan peluang di masa depan.

Salah satu faktor penyebabnya adalah aturan emisi gas buang yang akan ditingkatkan menjadi Euro 5 Plus pada tahun 2025, membuat pengembangan mesin Yamaha R1 menjadi tidak lagi layak secara ekonomis.

BACA JUGA:Mobil Hyundai Kona Elektrik Akan Dirakit di Indonesia, Harga Cuma 200 Jutaan, Gunakan Baterai Lokal

Selain itu, minat terhadap superbike 1000cc 4 silinder juga semakin menurun karena harganya yang tinggi. Pasar saat ini cenderung beralih ke motor sport dengan harga lebih terjangkau.

Yamaha telah merilis model R7 yang lebih terjangkau sebagai alternatif, dengan mesin 689cc dual silinder yang merupakan warisan dari mesin MT-07.

Suzuki juga telah mengikuti tren ini dengan merilis GSX-R8R dan GSX-R8S dengan harga yang lebih terjangkau.

BACA JUGA:Desain Lexus LS Terbaru 2025 Resmi Diperkenalkan, Mobil Perpaduan Kemewahan dan Kecepatan yang Tak Tertandingi

Sebagai pengganti R1, Yamaha berencana untuk merilis R9 dengan mesin 847cc 3 silinder crossplane crankshaft yang merupakan basis dari mesin MT-09.

Meskipun demikian, Yamaha tetap akan mengendalikan motor ini di kelas balap World Superbike.

Yamaha R1 sendiri telah menjadi ikon dalam dunia superbike sejak diperkenalkan oleh Yamaha pada tahun 1998.

Konsep One Piece crankcase, di mana silinder, rumah gearbox, dan blok silinder digabung menjadi satu, menjadi salah satu terobosan yang membuatnya sangat kuat dan ringan.

Sumber: