Apa Itu Hipertensi? Kenali Ciri dan Cara Menurunkan Hipertensi dengan 5 Bahan Alami

Apa Itu Hipertensi? Kenali Ciri dan Cara Menurunkan Hipertensi dengan 5 Bahan Alami

Cara menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Hipertensi, yang juga dikenal sebagai darah tinggi, merupakan permasalahan kesehatan yang serius yang umum ditemui di masyarakat, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah dalam arteri meningkat secara abnormal. Peningkatan tekanan darah ini dapat menyebabkan berbagai Penyakit Tidak Menular (PTM), termasuk stroke, gagal jantung, serangan jantung, dan kerusakan ginjal.

BACA JUGA:Manfaat Daun Binahong Merah untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit Wajah, Begini Cara Mengolahnya

Meskipun sebagian besar penderita hipertensi tidak merasakan gejala, beberapa gejala umum dapat dirasakan jika kondisi ini tidak segera ditangani, bahkan hingga bertahun-tahun. Berikut adalah beberapa gejala hipertensi yang dapat dirasakan jika tidak diobati:

1. Sakit kepala
2. Sesak napas
3. Gelisah
4. Penglihatan kabur
5. Mual dan muntah
6. Gelisah
7. Kelelahan

BACA JUGA:7 Manfaat Bunga Teratai untuk Kecantikan, Mulai Mencegah Kerutan di Wajah Hingga Mengatasi Ketombe

Selain menggunakan obat di apotek, ada cara lain untuk menurunkan hipertensi. Berikut 5 bahan alami yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat.

1. Jahe

Selain digunakan menghangatkan tubuh, jahe ternyata juga merupakan obat herbal tradisional yang efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Senyawa yang terkandung dalam jahe memiliki efek mirip dengan obat-obatan darah tinggi seperti calcium-channel blocker (CCB) dan ACE inhibitor.

BACA JUGA:Mengatasi Jerawat dan Penunaan Dini, Berikut Manfaat Sirih Merah untuk Kulit dan Kesehatan Tubuh

2. Seledri

Seledri mengandung senyawa kimia yang disebut phthalide, yang dapat membantu mengendurkan jaringan pada dinding pembuluh arteri sehingga menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kandungan magnesium dan kalium dalam seledri juga membantu menjaga tekanan darah normal.

3. Kapulaga

Studi menunjukkan bahwa kapulaga memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah dengan menghambat reaksi kalsium dalam tubuh, sehingga mencegah komplikasi hipertensi.

BACA JUGA:7 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan, Tapi Jangan Berlebihan! Waspadai Asam Jengkolat

4. Kayu Manis

Selain sebagai penambah cita rasa masakan, kayu manis juga memiliki potensi untuk mengobati hipertensi. Dari hasil penelitian menunjukkan jika kayu manis membantu menurunkan tekanan darah baik sistolik maupun diastolik, terutama pada orang dengan diabetes tipe 2.

5. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya dipercaya sebagai obat herbal untuk menurunkan tekanan darah secara alami, tetapi juga membantu menurunkan kadar kolesterol, yang merupakan salah satu faktor penyebab hipertensi.

BACA JUGA:7 Manfaat Minyak Lavender untuk Rambut dan Kulit Wajah

Sumber: