Mau Konsumsi Ikan? Hindari Jenis Ini, Diantaranya Ikan Nila dan Belut, Berikut Alasannya

Mau Konsumsi Ikan? Hindari Jenis Ini, Diantaranya Ikan Nila dan Belut, Berikut Alasannya

Ikan yang berbahaya jika dikonsumsi-istimewa-tangkapan layar youtube RH Wiwoho

RASELNEWS.COM - Meski banyak mengandung protein tinggi, namun ternyata tidak semua jenis ikan baik untuk dikonsumsi.

Bahkan ada diantaranya yang dianggap berbahaya bagi yang mengonsumsinya. Diantaranya ikan Nila, yang sangat populer di Indonesia.

Ikan memang juga yang kaya akan omega 3, protein sehat, dan nutrisi penting lainnya. Ikan memang menjadi sumber nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

BACA JUGA: Manfaat Serai untuk Kesehatan Gigi dan Kulit hingga Menurunkan Demam

Hanya saja memang sebelum Anda mengonsumsinya, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Tidak semua ikan sama, dan mengonsumsi jenis ikan yang salah dapat berpotensi menimbulkan lebih banyak kerugian daripada manfaatnya.

Lantas ikan apa saja yang berbahaya dan wajib dihindari? Berikut 7 jenis ikan yang baiknya tidak dikonsumsi:
1. Tilapia atau Ikan Nila

Ikan ini memang menjadi salah satu hidangan yang populer di Amerika Serikat. Namun, perlu diingat bahwa ikan ini memiliki rasio omega 6 dan omega 3 yang tidak seimbang.

Terlalu banyak omega 6 dan kurangnya omega 3 dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti peradangan, tekanan darah tinggi, dan peningkatan risiko penyakit jantung.

BACA JUGA:Bukan hanya Ibu Hamil, Asam Folat Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan Kulit dan Menunda Penunaan Dini

Selain itu, ikan nila impor seringkali tidak memenuhi standar keamanan dan dapat mengandung bahan kimia berbahaya serta antibiotik dalam kadar tinggi.

2. King Mackerel

Ikan ini dianggap sehat, namun perlu dihindari karena tingginya kadar merkuri. Sebagai ikan predator yang berada di puncak rantai makanan, king mackerel dapat menumpuk lebih banyak racun dari waktu ke waktu seperti PCB dan racun lainnya.

3. Orange Roughy

Ikan ini dapat hidup hingga 150 tahun, namun tidak dewasa sampai usia sekitar 30 tahun. Hal ini menyebabkan ikan ini menumpuk racun selama bertahun-tahun, termasuk merkuri dan kadmium.

Konsumsi orange roughy dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti peradangan, penurunan fungsi sel, dan penyakit jantung.

BACA JUGA:5 Manfaat Kesehatan Kulit dari Daun Pegagan, Tanaman Liar Tepi Jalan yang Sering Diabaikan

4. Swordfish, Shark, dan Tilefish

Sumber: youtube rh wiwoho