Belum Banyak yang Tahu, 9 Makanan Ini Ternyata Tak Aman Dipanaskan Ulang, Berpotensi Menjadi Racun Bagi Tubuh

Belum Banyak yang Tahu, 9 Makanan Ini Ternyata Tak Aman Dipanaskan Ulang, Berpotensi Menjadi Racun Bagi Tubuh

Makanan yang tak boleh dipanaskan ulang-istimewa-tangkapan layar youtube kunci sehat

RASELNEWS.COM - Ada 9 jenis makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan ulang karena berisiko menyebabkan racun bagi tubuh.

Ketika memasak, terdapat kebiasaan yang sebaiknya dihindari, salah satunya adalah memanaskan ulang makanan.

Hal ini sering terjadi ketika terlalu banyak makanan yang dimasak dan tidak habis dalam satu kali santap, akhirnya dipanaskan kembali untuk dikonsumsi.

BACA JUGA:Oalah...7 Sayuran Ini Dapat Menyebabkan Asam Urat, Baiknya Dihindari Ya!

Meskipun beberapa makanan masih aman untuk dikonsumsi setelah dipanaskan ulang, namun perlu diwaspadai bahwa beberapa jenis makanan dapat menjadi racun jika dipanaskan ulang.

Lantas apa saja makanan tersebut, berikut 9 makanan yang tak aman dipanaskan ulang karena tak baik bagi kesehatan, bahkan berpotensi menjadi racun bagi tubuh:

1. Bayam

Bayam mengandung nitrat yang tinggi karena menyerap nutrisi dari tanah, air, dan udara. Memanaskan ulang bayam berulang kali dapat menyebabkan perubahan senyawa nitrat menjadi senyawa yang berpotensi menyebabkan kanker.

BACA JUGA:6 Minuman Rumahan Ini Ternyata Bisa Membantu Merawat Batu Ginjal

2. Kentang

Meskipun kaya akan karbohidrat yang menyediakan energi bagi tubuh, kentang tidak disarankan untuk dipanaskan ulang karena dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan pencernaan.

3. Jamur

Jamur yang disantap dengan cara yang tepat sangat lezat, tetapi menjadi berbahaya jika dipanaskan ulang karena dapat mengubah komposisi proteinnya yang dapat mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan.

BACA JUGA:Manfaat Air Rebusan Daun Pandan untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

4. Telur

Telur merupakan sumber protein yang baik dan mudah diolah, tetapi tidak dianjurkan untuk dipanaskan ulang karena dapat menghasilkan racun yang berbahaya bagi pencernaan.

5. Daging Ayam

Daging ayam seringkali dipanaskan ulang, namun hal ini sebaiknya dihindari karena dapat menghilangkan komposisi protein yang penting.

Pastikan untuk menghangatkan daging ayam dengan tepat, dan pastikan bagian tulangnya tidak terlalu panas sebelum dikonsumsi.

Sumber: