Kabar Baik, Guru Kriteria Berikut Bisa Ikut PPG Daljab 2024 Lebih Cepat dari Peserta Lain

Kabar Baik, Guru Kriteria Berikut Bisa Ikut PPG Daljab 2024 Lebih Cepat dari Peserta Lain

Update PPG Daljab 2024-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Kabar pelaksanaan pendidikan profesi guru dalam jabatan atau PPG Daljab 2024 menjadi informasi yang paling ditunggu-tunggu pada tenaga pendidik se Indonesia.

Nah informasi terbaru menyebutkan bahwa guru yang memenuhi kriteria tertentu akan memiliki kesempatan untuk mengikuti PPG Daljab 2024 lebih cepat dibandingkan peserta lainnya.

Menurut Prof Nunuk Suryani, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, dalam waktu dekat akan diadakan program Piloting PPG Daljab 2024.

BACA JUGA:Maaf, Pencairan Tunjangan Sertifikasi 2024 untuk Guru dan Kepsek Kategori Ini Dibatalkan

Program ini merupakan uji coba untuk PPG Daljab 2024 yang dilakukan guna menilai dan memperbaiki segala kekurangan sebelum pelaksanaan resmi.

PPG Daljab 2024 akan dilaksanakan secara daring menggunakan platform Merdeka Mengajar (PMM), dan program piloting ini akan mengikuti mekanisme yang sama dengan pelaksanaan resmi.

Guru-guru yang terpilih akan mempelajari tiga modul yang telah disediakan, dan penyelesaian modul ini akan bervariasi tergantung pada kemampuan masing-masing peserta.

BACA JUGA:Infonya Pencairan Tambahan 50 Persen dan 100 Persen Tunjangan Sertifikasi Guru Cair Bulan Ini?

Setelah menyelesaikan modul, semua peserta akan menjalani uji kompetensi peserta pendidikan profesi guru (UKPPPG). Prof Nunuk menjelaskan bahwa guru yang terpilih dalam program piloting dan berhasil menyelesaikan semua proses, termasuk lulus UKPPPG, akan dianggap telah mengikuti PPG Daljab secara resmi.

Dengan kata lain, guru yang terlibat dalam piloting ini bisa menyelesaikan PPG Daljab lebih cepat daripada guru lainnya yang tidak terpilih. Program piloting ini akan melibatkan 60.000 guru dengan kriteria sebagai berikut:

1. Usia Senior (50 Tahun)

Guru yang berusia senior terpilih untuk memberikan kesempatan lebih cepat agar mereka bisa mendapatkan sertifikat pendidik.

BACA JUGA:Kemdikbud Ristek Setujui Dosen Berstatus PPPK di Perguruan Tinggi Negeri Diangkat PNS

2. Keterwakilan Pulau atau Daerah

Program ini mencakup 60.000 guru yang tersebar di seluruh Indonesia, memastikan representasi yang merata di berbagai daerah.

3. Keterjangkauan Internet

Mengingat pelaksanaan PPG Daljab 2024 dilakukan secara daring, guru yang terpilih harus memiliki akses internet yang memadai agar proses pembelajaran berjalan lancar.

4. Bukan Guru Penggerak dan Eks PLPG

Program Piloting ini ditujukan untuk guru selain Guru Penggerak dan eks PLPG yang sudah mendapatkan rekognisi dalam PPG Daljab 2024.

BACA JUGA:Skema Terbaik Bagi Honorer Kode 'P' Guru P1, P2, P3, PR1, PR2, Teknis dan Nakes Pada PPPK 2024

5. Masuk Database PPG Kemendikbud Ristek

Guru yang terpilih harus terdaftar dalam database PPG Kemendikbud Ristek, yang mencakup 600.000 calon peserta PPG Daljab 2024.

Jika Anda dipanggil untuk mengikuti program Piloting di akun SIMPKB Anda, manfaatkan kesempatan ini dengan baik untuk mengikuti PPG lebih cepat dari peserta lainnya.

Dari 600.000 calon peserta PPG Daljab 2024, hanya 60.000 yang akan terpilih untuk program Piloting. (and)

Sumber: