Disaksikan Wakil Menteri Pertanian, Kodim 0408 Bengkulu Selatan Tebar 1.8 Ton Bibit Jagung di Bunga Mas

Disaksikan Wakil Menteri Pertanian, Kodim 0408 Bengkulu Selatan Tebar 1.8 Ton Bibit Jagung di Bunga Mas

Kodim 0408 Bengkulu Selatan Bersama Wakil Bupati Bengkulu Selatan melakukan kegiatan tanam perdana jagung di Desa Kuripan Kecamatan Bunga Mas, Rabu (23/11/2022) -rezan okto wesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Disaksikan Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi, Kodim 0408 Bengkulu Selatan (BS) melakukan penananam jagung di Desa Kuripan Kecamatan Bunga Mas. 

Hal ini salah satunya guna mendongkrak ketahanan pangan petani dan masyarakat.

Total 1,875 ton bibit jagung varietas bisi 18, pioneer, MK, Premium, Batras dan Tongkol 2 ditebar di lahan ketahanan pangan tersebut, Rabu (23/11/2022).

BACA JUGA:DAK Pertanian Bengkulu Selatan Capai Rp6.2 M

Penanaman perdana ini langsung disaksikan Wakil Menteri Pertanian RI dan Danrem 041 Garuda Emas (Gamas) Bengkulu melalui layar monitor video conference (vidcon) yang dipasang di area penanaman.

“Kegiatan ini merupakan penanaman perdana bersama Wamentan RI, Pemda Bengkulu Selatan, Polres Bengkulu Selatan dan kami dari Kodim 0408 Bengkulu Selatan dalam rangka mendukung ketahanan pangan masyarakat,” ujar Dandim 0408 BS Letnan Kolonel Inf Aswin Suladi, SE, MAK, didampingi Danramil 408-05 Manna Kapten Inf. Edy Setiawan.

BACA JUGA:DPRD Bengkulu Selatan Diminta Segera Sahkan Raperda Kawasan Pertanian

Penanaman perdana lahan ketahanan pangan ini juga bentuk pengembangan program TNI bersama kelompok tani dan masyarakat untuk meningkatkan sektor pertanian.

Sehingga nantinya tercipta ketahanan pangan yang unggul dan masyarakat yang makmur.

“Tidak lain kegiatan ini untuk meningkatkan perekonomian petani. Karena sesuai komitmen Pemkab Bengkulu Selatan, diharapkan kedepannya Bengkulu Selatan menjadi daerah penghasil jagung terbesar di Provinsi Bengkulu,” beber Aswin.

BACA JUGA:Bank Indonesia Siap Dukung Program Pertanian Bengkulu Selatan

Oleh karena ini, Aswin berharap masyarakat bisa menyambut baik dan dapat berkolaborasi dengan TNI untuk menyuseskan program ketahanan pangan. Jika hal ini berhasil, maka manfaat kedepannya juga untuk kemajuan pertanian BS.

“Nanti koordinasi serta kerja sama program ketahanan pangan akan semakin dikuatkan. Tentunya melalui peran para Babinsa yang bertugas di lapangan,” ujar Dandim.

Sementara itu, Wabup BS H. Rifai Tajuddin, S.Sos yang turut hadir dalam proses penanaman perdana lahan ketahanan pangan mengaku siap menyukseskan program yang dijalankan.

BACA JUGA:Renja OPD di Bengkulu Selatan Disusun, Dikcy: Jangan Sekedar Formalitas

“Ketahanan pangan sangat penting dan kami menyadari itu. Maka itu kepada Bapak Gubernur Bengkulu kami harap dukungan infrastruktur pertanian agar para petani lebih maksimal menggarap lahan yang dibuka,” ujarnya dalam Vidcon. (rzn)

Sumber: