Mirip Sungai Aare di Swiss, Taman Badegolan di Perbatasan Wonosobo dan Kebumen, Viral

Mirip Sungai Aare di Swiss, Taman Badegolan  di Perbatasan Wonosobo dan Kebumen, Viral

SUNGAI : Tempat wisata Badegolan disebut sebut mirip sungai Aare di Swiss-DOK-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM – Taman Badegolan yang terletak di perbatasan Wono Sobo dan Kebumen Provinsi Jawa Tengah belakangan ini sedang viral dikalangan warga net. Taman yang merupakan sungai itu, disebut sebut mirip sungai Aare di Swiss.

Arus sungai yang deras, airnya yang jernih dan dingin semakin mendekatkan persamaan sungai itu dengan Sungai Aare di Swiss. Sebagaimana kita ketahui Sungai Aare di Swiss adalah tempat terjadinya musibah tenggelam Emirril Khan Mumtadz anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pada bulan Mei 2022 lalu.

BACA JUGA:Ini Tempat Wisata di Bengkulu, Rekomendasi Tempat Berlibur, Beda Dari yang Lain

Bagaimana keseruan berlibur ke Sungai Aarenya Indonesia ini, baca dan simak artikel berikut. Seperti dikutip dari video youtubenya Sulis Purnawan, tempat wisata Taman Badegolan berada di kawasan PLTA Waduk Wadaslintang Dusun Kali Lendi Desa Sendeng Dalem Kecamatan Padureso Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah. Waduk Wadaslintang ini dibangun pada era pemerintahan Presiden Soeharto tahun 1988.

Untuk menuju lokasi taman Badegolan dibutuhkan waktu sekitar 45 menit berkendara atau berjarak sekitar 21 kilometer dari pusat Kota Kebumen. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

BACA JUGA:15 Objek Wisata Ini Bisa Jadi Pilihan Saat Libur Nataru di Bengkulu Selatan, 2 Masuk Nominasi 5 Besar API

Saat tiba di lokasi pengunjung akan disuguhi pemandangan sungai yang luar biasa indah. Air yang jernih dengan arus yang deras. Saking jernihnya, air sungai berwarna biru kehijauan. Pinggiran sungai juga sudah tertata rapih, tidak ada sedikitpun sampah berserakan di lokasi itu. Arus sungai yang deras menyebabkan gelombang gelombang dan jeram membuat permukaan air menjadi nyaman dipandang. Suara deru air sudah terdengar dari areal parkir yang berjarak sekitar 50 meter dari bibir sungai.

Dipinggir sungai yang dihiasi pohon pelindung sudah dipasang tempat duduk berbentuk panggungan oleh pengelola. Ditambah udara yang sejuk menambah kesan eksotis Taman Badegolan. Sehingga sangat cocok sekali dijadikan tempat liburan bersama keluarga atau orang terdekat dan tersayang.

Selain aksesnya mudah dijangkau, karena berada di pinggir jalan aspal, saat berlibur ke lokasi ini jangan takut kelaparan. Karena di sekitaran Taman Badegulan ini banyak penjual makanan dan kulener khas Jawa Tengah. Fasilitas umum seperti toilet juga tersedia.

Karena arus sungai cukup deras, pengelola melarang pengunjung mandi di sungai. Jika ada yang nekat dikhawatirkan terseret arus.

BACA JUGA:Pengelolaan Objek Wisata Bengkulu Selatan Saat Nataru Ditunjuk Langsung, Ini Alasan Dinas Pariwisata

“Di pinggir sungai dibentang tali pembatas, tujuannya agar pengunjung tidak turun ke air. Berada di pinggir sungai ini serasa kita berada di pinggir sungai Aare di Swiss,” kata seseorang dalam video tersebut.

Di bagian hulu taman Badegolan ini ada semburan air yang keluar dari turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Suara deru air sangat kencang, saking derasnya air keluar dari pintu turbin air jadi mengembun.

Menariknya, di lokasi air mengalir dekat pintu turbin PLTA itu ada papan peringatan yang menyebut pengunjung tidak boleh memotret area PLTA dan disebutkan juga di papan peringatan itu ancaman pidana 9 bulan penjara bagi orang yang memotret.

Setiap hari ratusan pengunjung datang ke Taman Badegolan. Saat hari libur jumlah pengunjung meningkat bahkan mencapai ribuan orang.

Untuk menjaga keamanan pengunjung, petugas selalu berkeliling sembari menyerukan peringatan agar pengunjung berhati hati menggunakan pengeras suara.

BACA JUGA:Objek Wisata Bisa Ciptakan Lapangan Pekerjaan Baru

Di lokasi yang sedikit jauh dari lokasi PLTA, pengunjung boleh berfoto untuk mengabadikan momen kenang kenangan. Bahkan di lokasi itu banyak fotografer professional yang menawarkan jasanya.

Nah itulah salah satu tempat wisata sungai yang rekomendasi banget untuk dikunjungi di Indonesia. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk berkunjung?. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi kita semua. (**)


 

Sumber: berbagai sumber