Gerhana Bulan Sebagian Terjadi Minggu 29 Oktober 2023, Ini Daftar Wilayah dan Waktunya

Gerhana Bulan Sebagian Terjadi Minggu 29 Oktober 2023, Ini Daftar Wilayah dan Waktunya

Gerhana Bulan Sebagian Terjadi Minggu 29 Oktober 2023, Ini Daftar Wilayah dan Waktunya-istimewa-freepik.com

JAKARTA, RASELNEWS.COMGerhana Bulan Sebagian (GBS) terjadi pada Minggu, 29 Oktober 2023. Peristiwa ini diprediksi akan terjadi pada 14 Rabiulakhir 1445 H.

Kementerian Agama (Kemenag) mengajak umat Islam untuk melaksanakan Salat Gerhana Bulan atau Salat Khusuf.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, mengumumkan bahwa pada Minggu, 29 Oktober 2023, sebagian wilayah Indonesia akan mengalami gerhana bulan.

BACA JUGA:Penggunaan Air Tanah Wajib Izin Kementerian ESDM, Begini Cara Pengajuannya

Ia mengajak umat Islam yang berada di wilayah-wilayah tersebut untuk melaksanakan Salat Sunah Khusuf sesuai dengan tuntunan syariah.

Selama terjadi Gerhana Bulan Sebagian (GBS), umat Muslim disarankan untuk melakukan beberapa amalan.

Kamaruddin menekankan pentingnya bertakbir terlebih dahulu, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya.

Rincian daerah-daerah di Indonesia yang dapat melihat gerhana bulan sebagian adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung.

BACA JUGA:Harga 20 Jutaan! Yamaha RX King 155 VVA 2023 Resmi Mengaspal di Indonesia

Kemudian Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. GBS akan terjadi mulai kontak Umbra 1 (U1) pada pukul 02:34 WIB hingga kontak Umbra 4 (U4) pada pukul 03:53 WIB.

Selain itu, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Gorontalo juga dapat melihat GBS.

Bagi wilayah-wilayah ini, GBS akan terjadi mulai kontak Umbra 1 (U1) pada pukul 03:34 WITA hingga kontak Umbra 4 (U4) pada pukul 04:53 WITA.

Sedangkan Maluku Utara dan sebagian besar Maluku dapat melihat GBS mulai kontak Umbra 1 (U1) pada pukul 04:34 WIT hingga kontak Umbra 4 (U4) pada pukul 05:53 WIT.

BACA JUGA:Negara Paling Banyak Tak Percaya Tuhan, Mayoritas di Asia

Wilayah Papua, sebagian besar Papua Barat, dan sebagian Maluku juga dapat melihat GBS mulai kontak Umbra 1 (U1) pada pukul 04:34:37 WIT hingga waktu Bulan terbenam di wilayah setempat. (red)

Sumber: