Cara Sehat Makan Bayam untuk Menghindari Batu Ginjal dan Asam Urat

Cara Sehat Makan Bayam untuk Menghindari Batu Ginjal dan Asam Urat

Cara Sehat Makan Bayam untuk Menghindari Batu Ginjal dan Asam Urat-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Bayam adalah salah satu jenis tanaman yang sering ditanam untuk dijadikan sayuran hijau yang populer. Daun Bayam ini menjadi favorit karena kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Dalam setiap 100 gram daun bayam, terdapat sekitar 2.3 gram protein, 3.2 gram karbohidrat, 3 gram besi, dan 81 gram kalsium.

Bayam juga mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, vitamin C, niasin, thiamin, fosfor, riboflavin, natrium, kalium, dan magnesium.

BACA JUGA:Walau Pahit, Sayuran Ini Baik untuk Kesehatan Kulit, Mencegah Penunaan Dini dan Mengatasi Jerawat

Kaya akan nutrisi ini menjadikan bayam sebagai sumber yang bermanfaat bagi kesehatan.

Namun jangan salah, mengonsumsi bayam secara berlebihan justru bisa membahayakan tubuh. Konsultan nutrisi dan kesehatan, Neha Sahaya menegaskan, bayam dan kangkung mengandung senyawa bernama asam oksalat, yang dapat berikatan dengan kalsium dan mineral dalam tubuh.

Zat ini bisa membentuk kristal yang tidak larut dalam tubuh. Mengonsumsi bayam mentah bisa meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal, IBS, asam urat, kembung, dan gas.

Ini juga dapat berdampak negatif pada orang yang mengalami nyeri sendi, bengkak, peradangan, dan asupan bayam yang berlebihan.

BACA JUGA:Ibu Hamil Dilarang Konsumsi Sayuran Ini, Apa Dampaknya?

Vitamin K yang melimpah dalam bayam dan kangkung dapat berinteraksi dengan obat antikoagulan yang digunakan untuk mengencerkan darah, memengaruhi faktor koagulasi lain dalam darah.

Karena itulah, memasak bayam dan kangkung dianggap lebih aman, membantu membunuh bakteri dan meningkatkan keamanan konsumsinya.

Begitpun mengukus atau merebus selama beberapa menit juga dapat membantu menghindari masalah kesehatan yang mungkin muncul.

“Meskipun bayam dan kangkung mungkin aman dikonsumsi mentah dalam jumlah kecil, disarankan untuk dimasak.

BACA JUGA:Dosen FMIPA UNIB Ajak Warga Kelola Limbah Organik Sayur dan Buah Menjadi “Ecoenzyme: Cairan Serba Guna&#

Proses memasak juga membantu memecah asam oksalat, mempermudah penyerapan nutrisi oleh tubuh dari bayam,” jelas Sahaya.

Jasleen Kaur, seorang ahli gizi, mengonsumsi bayam dan kangkung mentah dapat menyebabkan sembelit.

Mengonsumsi sayuran mentah sebaiknya disesuaikan dengan kondisi kesehatan individu, dan disarankan untuk membatasi jumlahnya, seperti dalam bentuk salad atau smoothie. (red)

 

Sumber: