15 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

15 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

Manfaat minum kopi hitam tanpa gula-istimewa-freepik.com

Selain itu, kopi hitam membantu memecah lemak tubuh yang tersimpan, melepaskan sel-sel lemak sebagai sumber energi bagi aktivitas fisik yang berat.

6. Bermanfaat untuk Hati

Kopi tanpa gula ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan hati. Mampu mencegah hepatitis, penyakit hati berlemak, dan sirosis alkohol dengan menurunkan tingkat enzim hati yang berbahaya dalam darah.

BACA JUGA:Hindari Beli Kopi dengan 2 Ciri Berikut, Ada yang Jadi Favorit

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Minum tiga hingga lima cangkir kopi setiap hari terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 15 persen.

Konsumsi rutin kopi juga dapat mengurangi risiko kematian karena penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan serangan jantung.

8. Membersihkan Perut

Kopi tanpa gula memiliki sifat diuretik yang luar biasa. Setelah mengonsumsi kopi, kita akan lebih sering buang air kecil, yang membantu membersihkan perut dari racun dan bakteri, menjadikannya lebih bersih dan sehat.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kopi tanpa gula menjadi pilihan tak terbantahkan untuk menurunkan berat badan. Selain memberikan energi ekstra yang meningkatkan kemampuan olahraga, kopi hitam juga meningkatkan metabolisme hingga sekitar 50 persen.

BACA JUGA:Anda Pecinta Kopi Sachet? Stop Mulai Sekarang, Ini 6 Risikonya Bagi Kesehatan

Ini membantu pembakaran kalori lebih efisien, sedangkan kandungan kafeinnya merangsang sistem saraf untuk memecah sel-sel lemak sebagai sumber energi.

10. Menurunkan Risiko Kanker

Kopi kaya antioksidan terbukti efektif melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Minum kopi tanpa gula secara teratur dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker hati, dan kanker kolorektal.

11. Meningkatkan Suasana Hati

Kopi tanpa gula tidak hanya mengurangi rasa kantuk, tetapi juga meningkatkan suasana hati.

Mengonsumsi lebih dari empat cangkir kopi hitam setiap hari dapat menurunkan risiko depresi. Jadi, biarkan kopi menjadi teman setia untuk meningkatkan suasana hati sehari-hari.

BACA JUGA:Bukan Hanya Kopi, Pulau Enggano Jadi Potensi Investasi Bengkulu

12. Menurunkan Risiko Sirosis Hati

Sirosis hati, kondisi di mana hati memiliki banyak jaringan parut sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik, dapat dicegah dengan minum kopi tanpa gula secara rutin.

Setidaknya empat cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko sirosis hati hingga 30 persen, bahkan mencapai 80 persen untuk sirosis hati yang disebabkan oleh alkohol.

13. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Minum kopi tanpa gula secara teratur dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, kondisi di mana tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan baik.

Kopi hitam dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 11 persen, namun, perlu memperhatikan kadar gula darah dan insulin bagi penderita diabetes.

BACA JUGA:Mayoritas Keliru! Begini Cara Minum Kopi yang Sehat Ala dr. Zaidul Akbar

14. Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan dalam kopi tanpa gula membantu melawan tanda-tanda penuaan pada kulit. Kopi juga dapat digunakan sebagai scrub alami, mengangkat sel-sel kulit mati dan menyegarkan kulit.

15. Lebih Hemat dan Praktis

Konsumsi kopi hitam tanpa gula bukan hanya cerdas secara kesehatan, tetapi juga hemat biaya. Tanpa tambahan gula atau susu, kopi hitam menjadi pilihan yang lebih terjangkau dan mudah disiapkan.

Efek Samping Kopi Tanpa Gula

Meski baik bagi kesehatan, namun menikmati kopi hitam tanpa gula juga memiliki efek samping. Berikut dampak minum kopi tanpa gula:

1. Kafein dalam kopi bisa membuat kecanduan. Batasi konsumsi harian agar tidak memicu masalah kecanduan atau tidur.

Sumber: