Waspada! 7 Ikan Ini Ternyata Mengandung Merkuri Tinggi, Salah Satunya Ikan Tuna, Ibu Hamil Wajib Tahu

Waspada! 7 Ikan Ini Ternyata Mengandung Merkuri Tinggi, Salah Satunya Ikan Tuna, Ibu Hamil Wajib Tahu

Ikan yang mengandung merkuri tinggi-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Ikan adalah salah satu sumber protein terbaik untuk tubuh. Beberapa jenis Ikan juga mengandung lemak sehat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis ikan yang memiliki kadar merkuri tinggi, yang dapat menjadi racun bagi tubuh? Ya salah satunya ikan tuna, yang cukup digemari masyarakat Indonesia.

merkuri sendiri adalah logam berat yang ditemukan secara alami di udara, air, dan tanah. merkuri yang terdapat dalam ikan biasanya berbentuk metil merkuri, senyawa yang berasal dari endapan dasar laut.

BACA JUGA:7 Ikan Arwana Termahal di Dunia, Ada Dibanderol Miliaran Rupiah, Anda Punya?

Ikan menyerap metil merkuri melalui insang saat berenang dan melalui saluran pencernaan saat makan. Kadar merkuri dalam ikan diukur dalam satuan bagian per juta (ppm), yang juga disebut sebagai parts per million (PPM).

Kementerian Kelautan dan Perikanan menyatakan bahwa ambang batas aman merkuri pada ikan dan makanan lainnya adalah 1 PPM.

Meskipun hampir semua jenis ikan mengandung merkuri dalam jumlah kecil yang tidak berbahaya bagi kebanyakan orang, ada beberapa jenis ikan yang mengandung merkuri dalam jumlah tinggi yang dapat membahayakan kesehatan dan wajib diketahui ibu-ibu hamil.

BACA JUGA:Usaha Pertanian Ini Sangat Menjanjikan di Desa, Panen per Pekan, Hasilnya Menggiurkan

Berikut 7 jenis ikan yang mengandung merkuri tinggi yang dilansir Raselnews.com dari Kunci Sehat:

1. Orange Roughy

Ikan ini merupakan spesies predator yang hidup di dasar laut. Mereka memiliki usia hidup yang panjang, bahkan bisa mencapai 150 tahun. Kandungan merkuri pada ikan ini dapat mencapai 0,571 PPM.

2. Tuna Mata Besar

Ikan ini memiliki badan yang memanjang dan bisa mencapai ukuran 236 cm. Meskipun ikan tuna umumnya sehat dan kaya gizi, tuna mata besar memiliki kandungan merkuri yang tinggi, yaitu sebesar 0,689 PPM.

BACA JUGA:6 Minuman yang Bisa Mengatasi Asam Lambung yang Tiba-tiba Naik Drastis

3. Tenggiri

Ikan ini memiliki kandungan merkuri sekitar 0,730 PPM. Meskipun tinggi merkurinya, tenggiri yang dibudidayakan dengan kontrol tertentu masih aman untuk dikonsumsi sesuai standar Kementerian Kelautan dan Perikanan.

4. King Mackerel

Ikan ini memiliki kandungan merkuri sebesar 0,730 PPM. Meskipun populer di kalangan pemancing, king mackerel berbahaya jika dikonsumsi karena kandungan merkurinya yang tinggi.

5. Hiu

Ikan ini memiliki kandungan merkuri yang relatif tinggi, yaitu sebesar 0,979 PPM. Hiu merupakan predator yang dapat mengonsumsi ikan atau organisme lain yang menyimpan kandungan merkuri.

BACA JUGA:6 Manfaat Minum Campuran Air Kelapa dan Madu yang Pasti Disukai Wanita

6. Swordfish

Ikan ini memiliki kandungan merkuri sebesar 0,995 PPM. Swordfish juga merupakan predator yang bisa mengonsumsi ikan tinggi merkuri lainnya.

7. Tilefish

Sumber: