Suami Banting Tulang Cari Nafkah, Istri di Bengkulu Selatan Ini Justru Ngaku Janda, Alasan Bikin Nyesek

Suami Banting Tulang Cari Nafkah, Istri di Bengkulu Selatan Ini Justru Ngaku Janda, Alasan Bikin Nyesek

Kabid Fakir Miskin Dinas Sosial Bengkulu Selatan, Syahriar melakukan verifikasi penerima bansos-sugio aza putra-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Disaat suami banting tulang mencari nafkah keluarga dengan menggarap kebun kopi di provinsi tetangga, sang Istri justru mengaku sebagai janda. Perjuangan dan pengorbanan suami seakan tidak dianggap.

Hal ini terjadi di Kabupaten BENGKULU SELATAN. Beberapa wanita yang ditemui petugas Dinas Sosial Kabupaten BENGKULU SELATAN sengaja mengaku janda. Padahal mereka masih hidup harmonis dengan suami sahnya.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Intruksikan Bantuan Tunai dan Non Tunai Terus Dilanjutkan! Cek Bansos Cair Bulan Ini

BACA JUGA:Duhhh, Bansos Pemegang KKS Kategori Ini Tak Bisa Cair, Ini Sebabnya

Alasan beberapa wanita bersuami mengaku sebagai janda adalah kerena keinginan mendapat bantuan khusus untuk janda dari pemerintah. Jika mereka mengaku memiliki suami, sudah pasti langsung dicoret dari daftar penerima bantuan tersebut.

"Saat kami verifikasi data calon penerima bantuan khusus janda ini banyak yang mengaku janda, tapi ternyata di kartu keluarga masih ada nama suaminya. Makanya, nama yang bersangkutan langsung kami coret," kata Kabid Fakir Miskin Dinas Sosial Bengkulu Selatan, Syahriar, S.Sos.

Agar tidak terjadi kesalahan dan kekeliruan dalam pendataan, Dinas Sosial melakukan verifikasi dan validasi data tersebut untuk mengetahui kebenarannya.

"Kami akan langsung verifikasi ke desa. Agar bisa mengetahui jika yang bersangkutan benar-benar layak menerima bantuan atau tidak," ujar Syahriar.

BACA JUGA:Info Terbaru! Bansos BPNT untuk 20 Kabupaten/Kota, Saldo PKH BPNT Susulan Periode Juli - Agustus

BACA JUGA:Penerima KIP 2024 Tersenyum! Ada Kenaikan dan Pencairan KIP 3 Kali Setahun Plus Bansos BLT Pelajar 4 Kali

Dijelaskannya, program bantuan khusus untuk janda miskin ini memang telah berjalan sejak beberapa waktu lalu yang bersumber dari Pemprov Bengkulu.

Untuk berikutnya, Dinas Sosial mengusulkan bantuan tersebut langsung bersumber dari Kementerian Sosial . Serta disalurkan setiap bulan sama seperti bantuan lainnya.

Bantuan yang akan disalurkan kepada para janda miskin ini rencananya akan dimulai sejak tahun 2025 mendatang dengan kuota 100 orang. Penerima akan langsung mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

BACA JUGA:Bansos BPNT Belum Diterima? Ini Kata Kemensos

BACA JUGA:Bansos PIP 2024 Cair Rp 450 Ribu, Cek Syarat dan Cara Daftarnya
 
Calon penerima juga wajib melengkapi beberapa persyaratan. Diantaranya, tidak boleh telah terdaftar sebagai penerima bantuan lain seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan bantuan jenis lainnya. Dan benar-benar berlatar belakang ekonomi tidak mampu. (yoh)

Sumber: