Pemilik Mobil Wajib Tahu! Ini Arti dan Fungsi Titik Kuning dan Merah pada Dinding Ban

Pemilik Mobil Wajib Tahu! Ini Arti dan Fungsi Titik Kuning dan Merah pada Dinding Ban

Arti dan Fungsi Titik Kuning dan Merah pada Dinding Ban Mobil--raselnews.com

RASELNEWS.COM - Saat melihat ban mobil baru, Anda mungkin akan melihat titik atau bulatan kecil rwarna kuning atau merah di dinding ban

Meskipun terlihat sederhana, tanda ini memiliki arti penting terkait performa dan pemasangan ban yang optimal.

Lantas apa arti dari bulatan kuning dan merah pada dinding ban mobil? Apakah penting?

BACA JUGA:3 Desain Mobil Nissan Terbaru Ini Sangat Mewah, Kolaborasi Gaya Hidup, Kreativitas dan Inovasi

BACA JUGA: 5 HP iPHone Turun Harga Gila-gilaan di September 2024

Titik kuning dan merah pada dinding ban adalah penanda yang digunakan oleh produsen ban untuk membantu teknisi dalam memasang ban dengan tepat pada pelek.

Tanda-tanda ini berfungsi sebagai panduan untuk menyeimbangkan ban secara optimal, mengingat setiap ban mungkin memiliki ketidaksempurnaan dalam distribusi berat dan keausan.

Titik Kuning: Menunjukkan titik paling ringan dari ban. Dalam proses produksi, distribusi berat ban tidak selalu merata, dan bulatan kuning menandai bagian yang paling ringan.

BACA JUGA:Cherry Rilis Mobil Pesaing Jimny, Desain Gagah dan Murah, Kabin Lebih Besar

BACA JUGA:Rekomendasi MPV Murah Mirip Toyota Alphard, Kabin Nyaman, Cocok untuk Mobil Keluarga

Titik Merah: Menunjukkan titik dengan ketidaksempurnaan radial terbesar, yaitu titik di mana ban mengalami ketidakrataan tertinggi dalam lingkaran sempurna, atau dikenal sebagai "radial runout".

Fungsi Bulatan Kuning

Titik berbentuk bulatan warna kuning pada ban mobil menandai bagian ban yang paling ringan. Saat memasang ban, penting untuk mengimbangi berat ban dengan posisi katup udara (valve stem) pada pelek, yang merupakan bagian paling berat dari pelek.

Menempatkan bulatan kuning sejajar dengan katup udara dapat membantu mengurangi ketidakseimbangan antara ban dan pelek, yang pada akhirnya mengurangi getaran pada kemudi dan memperpanjang umur pakai ban serta komponen suspensi.

BACA JUGA:Apa Itu Coating dan Apa Manfaatnya untuk Mobil?

BACA JUGA:3 Rekomendasi Mobil MPV Matic Bekas Murah untuk Harian, Harga di Bawah 80 Juta
Fungsi Bulatan Merah

Titik warna merah pada ban mobil menandai titik di mana terdapat ketidakrataan radial terbesar pada ban, yang bisa menyebabkan getaran saat ban berputar pada kecepatan tinggi.

Saat memasang ban, bulatan merah sebaiknya disejajarkan dengan titik paling rendah pada pelek.

Pada beberapa pelek, terutama pelek OEM (Original Equipment Manufacturer), titik ini biasanya ditandai dengan stiker atau tanda. Penyelarasan ini membantu mengurangi variasi kekuatan radial dan meningkatkan kualitas berkendara.

Sumber: