Ini Daftar 10 Besar Desa Wisata di Bengkulu Tahun 2023, Benar Benar Keren, Yuk Intip Keindahannya

Ini Daftar 10 Besar Desa Wisata di Bengkulu Tahun 2023, Benar Benar Keren, Yuk Intip Keindahannya

Sumber air panas yang berada di salah satu desa di bengkulu yang masuk nominasi 10 besar desa wisata tahun 2023-istimewa-raselnews.com

Dengan letak geografi pegunungan, Desa Batu Ampar berada lebih dari 700 DPL sehingga Desa Batu Ampar Memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan menjadi desa wisata.

BACA JUGA:Polisi Tetapkan 1 Tsk Kasus Konflik Batas Sawah yang Menewaskan 3 Petani Bengkulu Selatan

BACA JUGA:Skandal Chat Mesum! Oknum Guru SMA di Bengkulu Selatan Dilaporkan, Siswi Ngaku 2 Kali Dilecehkan

Beberapa potensi yang dimiliki Desa Batu Ampar antara lain adalah alam hutan, sungai, hutan bambu, air terjun, perkebunan kopi, aren, lada, dari segi budayanya memiliki seni pencak silat, gitar tunggal sedangkan dari segi kuliner di desa ini memiliki Kuliner yang dikembangkan berdasarkan potensi lokal seperti peyek daun kopi, stick unji, stick rebung, cucur bandan, kopi bubuk, kue tat, bolu kopi, gula aren dan bolu gula aren.

Masyarakat atau wisatawan dapat merasakan nuansa alam khas perbukitan yang kental.

Di sini juga terdapat sungai yang memiliki air terjun yang airnya sangat jernih hingga pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti mandi atau sekedar foto-foto untuk mengabadikan moment saat liburan.

BACA JUGA:Chat Mesum Guru SMA dan Siswi di Bengkulu Selatan Bikin Geli, 2 Angka Ini Jadi Misteri

BACA JUGA:7 Kelebihan Memasak dengan Air Fryer dan Cara Pakainya

Desa Wisata Sumber Urip

Desa yang mausk 10 besar daftar desa wisata di Bengkulu tahun 2023 selanjutnya adalah Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

Berada di kaki Bukit Kaba, dimana Desa Wisata Sumber Urip merupakan salah satu desa wisata di Provinsi Bengkulu dan memiliki luas wilayah hanya 650 km2.

Wisata yang termasuk ke dalam Desa Wisata Sumber Urip adalah Taman Wisata Bukit Kaba atau Gunung Kaba, wisata pemandian air panas Gerojokan Sewu yang berjarak sekitar 1 km dari jalan utama dan wisata panen madu.

BACA JUGA:Kronologi Chat Mesum Guru-Siswi SMA di Bengkulu Selatan Tersebar, Ini Terduga Pelakunya

BACA JUGA:Kasus Chat Mesum Guru-Siswi di Bengkulu Selatan Viral, Sikap Ketua PGRI Tegas!

Luasan lahan pemandian air panas mencapai 7.500 m2 yang didukung oleh pemandangan yang masih asri serta perkebunan sayur milik warga.

Desa Wisata Sumber Urip hanya mampu lolos pada 300 besar Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, meskipun demikian desa ini tetap menjadi salah satu kunjungan wista masyarakat Provinsi Bengkulu untuk healing atau berlibur di ahir pekan, salah satunya wisata alam dalah Bukit Kaba yang menawarkan pemandangan Kota Curup yang indah nan mempesona.



Untuk mencapai puncak Bukit kaba tidaklah membutuhkan waktu yang begitu lama kurang lebih 2 sampai 3 jam dengan berjalan kaki, sebaiknya bila ingin mendaki untuk mengajak teman atau bisa bersama pemandu dan juga disana kita bisa berkemah.

Dengan potensi wisata alamnya begitu bagus, tentu desa wisata Sumber Urip mampu mempengaruhi dari pada sektor ekonomi di desa tersebut, sekaligus juga dapat melestarikan lingkungan alam dan sosial budaya.

Kelestarian alam dan sosial budaya masyarakat ini akan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang melakukan perjalanan wisata di Desa Sumber Urip.

BACA JUGA:Honorer Siluman di Kaur! Ngajar Tak Pernah, Masuk Dapodik, Lulus Seleksi PPPK, Sekda: Telusuri

BACA JUGA:3 Hewan Tanda Akhir Zaman, Gus Baha: Jika Sudah Tak Ada, Kiamat Sudah Dekat

Desa Rama Agung

Desa Rama Agung terletak di Kecamatan Kota Arga  Makmur,  kabupaten  Bengkulu  Utara,  Provinsi  Bengkulu.  

Akses  menuju  ke  Desa   Rama Agung dari Kota Bengkulu berjarak ± 62,8 km melalui jalan yang cukup baik  dan  ditempuh  dengan  waktu  ±  1,5  jam  dari  Kota  Bengkulu.  

Desa  Rama  Agung  merupakan Desa yang terbentuk dari tranmigrasi warga bali pada Tahun 1963 yang  dikarenakan terjadinya bencana alam berupa letusan gunung agung, maka pada saat  ini banyak sekali dijumpai warga ber suku Bali di desa ini.

BACA JUGA:Viral Chat Mesum Guru-Siswi SMA Favorit di Bengkulu Selatan: Bobok Bareng Yank

BACA JUGA:Take Over, DPRD Kaur Sampaikan Pesan Penting untuk PT KGS

Waktu demi waktu pun  berganti  Desa  Rama  Agung  saat  ini  oleh  terdiri  dari  berbagai  macam  Suku  dan  Agama yang mana menjadi keunikan tersendiri dalam berkehidupan berbangsa dan  bernegara.

Potensi wisata yang terkenal di desa ini meliputi Lembah Talang Begenda, Pemakaman Bersama Kerukunan Umat Beragama, Tugu Kerukunan Umat Beragama, Rumah Ibadah Panca Bhineka

BACA JUGA:Ayo Manfaatkan Masa Reses Dewan, Sampaikan Setiap Usulan

BACA JUGA:Akhir Tahun 2023, DPRD Kaur Makin Sibuk, Ada 13 Kali Dinas Luar

Desa Batu Raja

Desa Batu raja berada di Kecamatan Hulu Palik, Kabupaten Bengkulu Utara.

Salah satu objek wisata paling terkenal di daerah ini adalah Air Terjun Lemo Nakai.

Air terjun ini sangat mempesona, karena terletak di bibir tebing yang curam dan dikelilingi hutan belantara yang lebat.

Untuk mencapai air terjun ini bukanlah hal yang sulit, karena akses yang dilalui bukanlah medan berat.

Kesejukan air di objek wisata ini mampu membuat pengunjung betah berlama lama, apalagi udara di kawasan itu masih segar dan jauh dari polusi.

BACA JUGA:2 Tambak Udang Tak Berizin di Kaur Disegel, DPRD Berikan Dukungan

Sumber: dikutip dari berbagai sumber